Cara Mengobati Gusi Bengkak

Gusi Bengkak, Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Cara Mengobati Gusi Bengkak, Cara Mengobati Sakit Gigi
Tips Sehat - Cara mengobati gusi bengkak yang mungkin seringkali anda alami sebenarnya cukup mudah. Apakah anda seringkali mengalami pembengkakan pada gusi? gusi anda yang bengkak dapat disebabkan banyak faktor. Penggunaan bulu sikat yang keras dapat melukai gusi anda dan justru menyebabkan gusi anda menjadi bengkak. Selain itu adanya infeksi pada rongga mulut juga dapat mengakibatkan pembengkakan pada gusi. Jangan remehkan bila gusi anda bengkak. Karena beberapa saraf organ penting berhubungan langsung dengan saraf gigi di gusi. Rasa sakit yang menyiksa dapat anda atasi dengan pergi ke dokter gigi. Namun bila anda ingin cara yang lebih sederhana yang dapat anda coba di rumah, anda dapat mencoba cara mengobati gusi bengkak di bawah ini tetapi  anda juga bisa baca Cara mengobati sakit gigi yang sebelumnya telah kami post di tipscarasehatt.blogspot.com.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami

  1. Teratur menyikat gigi
    Cara mengobati gusi bengkak dan mencegah gusi anda bengkak yang sangat efektif adalah dengan teratur menyikat gigi. Gunakanlah sikat gigi yang lembut dan lentur. Hindari menggunakan sikat gigi yang kasar yang justru dapat melukai gusi anda. Selain itu menyikat gigi secara teratur akan membantu mengurangi plak yang dapat memicu gusi anda menjadi bengkak.
  2. Perbanyak minum air putih
    Khasiat air putih sangat beragam, salah satunya untuk mengobati gusi anda yang bengkak. Cara mengobati gusi yang bengkak dengan air putih sangatlah mudah. Anda cukup memperbanyak konsumsi air putih. Saat gusi anda bengkak, produksi air liur akan menurun. Selain itu air putih dapat membersihkan rongga mulut anda.
  3. Kumur dengan larutan garam hangat
    Larutan garam hangat juga banyak digunakan untuk mengatasi gangguan pada rongga mulut, salah satunya mengobati gusi yang bengkak. Larutan garam dapat bersifat sebagai antibakteri dan megobati peradangan. Cara mengobati gusi bengkak dengan larutan garam hangat cukup mudah. Larutkan sesendok teh garam dengan segelas air hangat. Kumur-kumurlah selama 1-2 menit. Lakukan 2 kali sehari dan rutin.
  4. Kumur dengan perasan lemon
    Selain berkumur dengan larutan garam, anda dapat membuat larutan kumur dari lemon. Caranya cukup mudah yaitu peras setengah jeruk lemon ke dalam segelas air hangat. Lalu kumurlah dengan larutan tersebut 1-2 menit 2 kali sehari. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi pembengkakan pada gusi anda.
  5. Konsumsi banyak makanan berserat dan mengandung vitamin C
    Salah satu cara mengobati gusi bengkak adalah dengan makanan yang kita konsumsi. Hindarilah makanan yang dapat menempel di gusi yang dapat menjadi plak seperti roti dan biskuit. Hindarilah konsumsi daging yang akan meninggalkan sisa makanan di antara gigi anda. Salah satu penyebab gusi bengkak adalah kekurangan vitamin C. Konsumsilah asupan vitamin C melalui buah dan sayur yang mengandung vitamin C dosis tinggi seperti jeruk, tomat dan paprika. Bila anda mencampurkan buah tersebut dalam makanan jangan dimasak terlalu lama karena kandungan vitamin C nya akan rusak.
  6. Pijatlah gusi anda
    Cara mengobati gusi bengkak yang terakhir adalah dengan melakukan pemijatan pada gusi anda. Dengan melakukan pemijatan akan meningkatkan aliran darah ke gusi anda sehingga pembengkakan akan berkurang. Caranya bersihkan tangan anda terlebih dulu, kemudian pijatlah dengan gerakan memutar. Anda juga dapat menggunakan cotton buds atau memijat dari pipi anda bila gusi terlalu sakit dipijat langsung. Lakukan pemijatan 5 menit setiap harinya.
Gusi yang sehat diawali dengan rongga mulut yang bersih. Jagalah kebersihan rongga mulut anda dengan rutin menyikat gigi dan menggunakan mouthwash bila perlu. Anda bisa membaca cara memutihkan gigi yang telah kami jelaskan di postingan sebelumnya. Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak yang dapat anda coba di rumah anda tanpa harus berobat ke dokter.

sumber




Related Keywords:

Cara mengobati gusi bengkak secara alami
Cara mengobati gusi bengkak
Cara mengobati sakit gigi
Cara mengatasi gusi bengkak

No comments:

Post a Comment